Cara membuat VM (Virtuak Machine) Pada Proxmox




Mesin virtual atau mesin maya dalam ilmu komputer adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli. 

Berikut adalah cara membuat VM pada Proxmox
1. Pada tampilan awal Proxmox Pilih Create VM

2. Selanjutnya isikan Nama dari VM anda dan ID VM anda, klik next untuk melanjutkan
    keterangan :
    1. Node : Server fisik tempat VM menjalankannya
    2. ID VM : Nomor unik di instalasi Proxmox VE ini digunakan untuk mendifinisikan VM 
        anda.
    3. Nama string untuk VM yang kita buat.
    4. Resource Pool : kelompok logis VM

3. Lalu Isikan File ISO yang akan dibuat , file ISO punya saya sudah ada karena saya sudah meng-uploadenya untuk cara uploade file ISO Bisa baca disini, saya menggunakan debian 8.7.1, klik next untuk melanjutkan

4. Selanjutnya berikan Kapasitas Hardist yang akan diberikan keVM, Contoh saya kasih 10 GB

5. Pada pengaturan CPU berikan berapa core yang akan diberikan pada VM, Contoh saya beri 1 core, untuk pemberian core silahkan sesuaikan dengan spesifikasi Server anda, dan VM akan digunakan untuk apa.

6. Selanjutnya berikan memory RAM untuk VM, contoh saya beri 2 GB, silahkan diberi memory sesuai dengan spesifikasi server anda. dan akan digunakan untuk apa VM anda.

7. Isikan Vlan karen VM dapat terkoneksi dengan jaringan hanya dengan Vlan, 
     untuk pembuatan vlan bisa kalian lihat di Dsini.

8. untuk Finish silahkan cek apakah sesuai dengan yang tadi kita konfigurasi.
    jika sudah benar klik finish.

9. Jika sudah maka akan muncul VM yang tadi kita buat dengan ID VM nya.




Sekian dari saya jika ada salah mohon maaf , dan kalau ada pertanyaan silahkan bisa bertanya dikolom komentar, Terimakasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara membuat VM (Virtuak Machine) Pada Proxmox"

Post a Comment